T R A N S L A T E

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Empat Langkah Mudah Cegah Rematik

Bookmark and Share
Arthritis atau lebih dikenal dengan rematik identik dengan gangguan sendi yang menimpa orang berumur. Gangguan rematik merupakan kelainan sendi yang sering terjadi akibat peradangan.

Biasanya, akan muncul rasa nyeri ketika dua sendi saling bersentuhan satu sama lain setelah tulang rawan pelindung (zat yang mencegah tulang saling bersentuhan) sudah aus. Pada beberapa kasus, arthritis juga dapat disebabkan dari respon autoimun.

Pemicu terjadinya arthritis cukup beragam, antara lain cedera sendi, masalah metabolisme, faktor keturunan, infeksi dan banyak faktor yang masih belum jelas pemicunya. Orang yang terkena arthritis akan mengalami gejala tertentu, yaitu nyeri, peradangan dan kemerahan pada sendi serta rasa kaku dan pembengkakan.

Pada arthritis yang lebih serius seringkali disertai dengan gejala yang lebih kompleks, seperti demam, pembengkakan kelenjar, penurunan berat badan, kelelahan, dan masalah pada paru-paru, jantung atau ginjal.

Setiap orang berisiko terkena arthritis dan diperkirakan ada 350 juta orang di seluruh dunia yang mengalaminya. Fakta lain, seperti dikutip dari She Knows, lebih dari setengah penderita arthritis berusia di bawah 65 tahun dan sekitar 60 persen diderita oleh wanita.

Agar terhindar dari rematik ada empat langkah mudah yang bisa Anda lakukan.

Pertama, olahraga secara teratur, bukan hanya untuk kesehatan jantung tetapi juga sangat baik untuk otot, sendi dan tulang.

Kedua, peregangan. Setiap pagi setelah bangun tidur lakukanlah peregangan karena bisa meningkatkan kekuatan otot dan membantu meningkatkan rentang gerak sendi Anda. Pastikan Anda melakukan pemanasan otot dan sendi sebelum peregangan. Hal itu karena peregangan sebelum pemanasan, bisa memperburuk nyeri sendi dan bahkan menimbulkan ketegangan pada otot.

Ketiga, konsumsi makanan sehat dan bayak mengandung vitamin C serta kalsium. Kedua nutrisi tersebut sangat penting untuk kesehatan tulang dan otot.

Lalu, keempat, penuhi kebutuhan tubuh akan cairan, karena air membentuk 70 persen tulang rawan pada sendi yang bersifat sebagai pelumas sehingga tulang tidak bertemu satu sama lain.

Sumber : http://kosmo.vivanews.com/news/read/181151-empat-langkah-mudah-cegah-rematik

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Pengikut