T R A N S L A T E

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Kebiasaan Sederhana Yang Bisa Mengganggu Kesehatan Kita

Bookmark and Share
Postingan saat ini saya ingin berbagi info tentang kebiasaan-kebiasaan sederhana yang sering dan banyak kita jumpai baik di sekeliling kita atau kita sendiri sering melakukannya. Kebiasaan-kebiasaan ini rupanya dapat mengganggu kesehatan kita, padahal saat melakukannya mungkin kita merasa enak, tidak ada dampak secara langsung yang kita rasakan padahal jika kita mengetahuinya bahwa kebiasaan-kebiasaan itu dapat mengganggu kesehatan kita terlebih lagi jika kebiasaan itu sering dan terus kita lakukan.
Mungkin saya tidak perlu berpanjang lebar lagi, langsung saja kita lihat kebiasaan-kebiasaan sederhana apa saja yang bisa mengganggu kesehatan kita jika kebiasaan itu dilakukan secara terus menerus, diantaranya :
  1. Mendengarkan Musik Dengan Earphones/Headphones


    Hal ini jika kita lakukan secara terus-menerus akan mengakibatkan ketulian/kepekaan dini dan lebih parahnya lagi jika kebiasaan ini sangat berlebihan dilakukan maka akan menyebabkan ketulian/kepekaan permanen. Karena telinga kita juga mempunyai batas maksimum suara yang dapat didengarkannya. Maksudnya jika kita menggunakan Earphones/Headphones untuk mendengarkan music dengan tingkat volume 100 % maka sebaiknya cukup gunakan hanya 18 menit sehari, dan jika 90 % volumenya cukup gunakan 25 menit sehari dan jika menggunakan Earphones/Headphones dengan volume 75-80 % sebaiknya gunakan ½ jam sehari. Jangan menggunakan Earphone/Headphone untuk mndengar music secara berlebihan dan terus menerus walaupun terasa sangat enak menggunakannya misalnya dapat menghindarkan kita dari kebisingan disekitar kita. Namun jika kita ingat dampak yang akan muncul sebaiknya gunakanlah Earphones/Headphones untuk mendengarkan musik kesayangan kita seminimal mungkin sehingga pendengaran kita tidak terganggu.

  2. Menyimpan Dompet di Saku Celana


    Kebanyakan pada kaum laki-laki menyimpan dompetnya di saku celana belakang, entah itu sebelah kiri atau kanan. Padahal jika kita menyimpan dompet di saku celana, dapat mengganggu kesehatan kita juga. Analisanya seperti ini, jika kita menyimpan dompet kita di saku celana dan saat kita duduk maka kita akan mencari keseimbangan duduk kita dengan memiringkan sedikit badan kita. Hal ini secara tidak kita sadari akan membuat tulang punggung dan leher kita terganggu dan terasa pegal-pegal. Terlebih lagi jika kita menyimpan dompet yang sangat tebal di saku celana kita maka tingkat kemiringan badan kita semakin besar dan tentunya semakin membuat tulang punggung dan leher kita akan cepat terasa pegal.
    Untuk menghindari hal ini jika kita ingin duduk sebaiknya dompet kita keluarkan terlebih dahulu dari saku celana kita, baru kita duduk. Hal ini untuk menjaga kesehatan kita juga. Atau dompet kita bisa kita simpan di tas kecil yang sering kita bawa jika kemana-mana.

  3. Memiringkan/Membengkokkan Leher, Jari dan Persendian lain Untuk Menghilangkan Pegal-Pegalnya


    Memiringkan/membengkokkan leher, jari dan persendian disini maksudnya, sering sekali baik itu kita sadari atau tidak ketika terasa pegal di leher, tangan, jari dan persendian, kita sering membengkokkan, menggerak-gerakkan leher kita misalnya ke samping kiri atau kanan. Begitu juga jari kita sering kita bengkok-bengkokkan jika terasa pegal, sehingga biasanya menimbulkan bunyi dan kita merasa enak karena pegal-pegalnya hilang dengan seketika. Tapi apakah kita tahu sebenarnya kegiatan seperti itu untuk menghilangkan pegal kita, jika dilakukan secara rutin dan sering maka akan mengakibatkan pengapuran di persendian yang kita bengkok-bengkokkan itu. Lebih parahnya lagi jika sampai ada pembuluh darah yang terjepit akibat pergerakan kita untuk menghilangkan pegal leher, jari atau persendian kita itu. Dampaknya mungkin lebih parah lagi bagi kesehatan kita.

  4. Memakai Celana Jeans Yang Terlalu Ketat


    Sering kita temui orang menggunakan celana jeans sangat ketat, terutama kaum wanita. Hal ini sebenarnya dapat mengganggu sirkulasi udara pada daerah kemaluan kita. Jika menggunakan jeans terlalu ketat dan sirkulasi udara terganggu di sekitar kemaluan kita, maka menyebabkan kelembaban di daerah tersebut dan bahkan bisa saja menjadi basah oleh keringat kita. Jika sering terjadi seperti ini maka bisa saja menimbulkan jamur di daerah tersebut dan menyebabkan gatal-gatal. Sebaiknya gunakanlah jeans yang agak besar dan jangan terlalu ketat untuk membantu sirkulasi udara di daerah tersebut sehingga dengan sirkulasi udara yang lancar tidak akan menyebabkan kelembaban di daerah tersebut.
    Jika memang terpaksa menggunakan celana jeans yang ketat, sebaiknya gunakan celana dalam dari bahan yang mudah menyerap keringat, agar keringat yang timbul akibat celana jeans yang ketat yang kita gunakan itu dapat diserap dengan baik oleh celana dalam kita dan daerah tersebut akan tetap terjaga kekeringannya. Tapi bagaimanapun juga lebih baik menggunakan celana jeans yang lebih besar demi kelancaran sirkulasi udara dan kesehatan kita.

  5. Mandi Pada Malam Hari


    Banyak orang bilang kalau kita mandi malam hari akan menyebabkan kita terserang reumatik. Mungkin saja pendapat itu benar adanya. Namun memang banyak dijumpai penyakit reumatik terjadi pada orang-orang yang sering mandi pada malam hari.
    Apalagi malam hari biasanya suhu lebih dingin daripada siang hari, sehingga jika kita mandi pada malam hari maka tubuh kita akan kelebihan suhu dingin. Minimal itu dampak sederhananya dan langsung terasa bagi kita yang mandi pada malam hari.
    Untuk kebenaran mandi pada malam hari apakah berakibat pada terserangnya penyakit reumatik pada kita, masih perlu dibuktikan oleh para ahli kesehatan.

Itulah kebiasaan-kebiasaan sederhana yang mungkin sering kita lakukan dan berdampak buruk buat kesehatan kita. Setelah mengetahui ini sebaiknya kita lebih bijak jika akan melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut demi kesehatan kita juga. Ingat kesehatan itu sangat penting dan mahal harganya.
Tapi semua itu tergantung pada diri kita sendiri yang menyikapinya, apakah kita mau mulai meninggalkan kebiasaan-kebiasaan itu atau tidak.
Terima kasih dan mohon berikan komentarnya pada kotak komentar facebook atau tanda like facebook.

{ 20 komentar... Views All / Send Comment! }

Jasa Pembuatan radio streaming mengatakan...

wah bagus juga nih sob tipsnya ane lakukan ah biar nambah sehat makasih sob,..,.,.,,.@@@

Ladida Cafe mengatakan...

wah, ngeri juga pengapuran pada sendi, jangan lagi deh.

Jasa SEO mengatakan...

eh denger-denger katanya kalo mandinya di atas jam 12 malam malah sehat. apa karena suhu udara atau faktor airnya ya?

Alat Kedokteran mengatakan...

Kalo mandi lewat tengah malam malah sehat. dijamin

Anonim mengatakan...

ni udah masuk adsense belum??

toko baju muslim mengatakan...

Thank you for sharing this information to us... Keep coming..

Cafe Amaliun Indah mengatakan...

infonya menarik gan...
salam Kenal dari Cafe Amaliun Indah jangan lupa ya gan main2 ke Cafe Amaliun Indah bnyak menu menarik buat agan... terima kasih.

sigit hermawan mengatakan...

manstab nich infonya... sukses slalu...

bocah batam mengatakan...

thanks gan
salam
bocahbatam

lemari arsip mengatakan...

wah infonya sarat akan manfaat...
terima kasih ini udah sharing ama kita-kita....



obat kuat
peninggi badan

Unknown mengatakan...

ahahahaha baru tahu gue...Ternyata ada banyak effek sampingnya ea sob..hehehehe silahkan sob mampir ke blogku..Gue tunggu Followback Sama Komentarnya ea...Thank !!!

828Bet.com Agen Bola Terpercaya Piala Dunia 2014 mengatakan...

keren dan sangat bersahabat,...

dress batik mengatakan...

info yang menarik lanjutkan

batik pria mengatakan...

artikel yang bagus

batik pekalongan mengatakan...

nyimak aja deh..

batik solo mengatakan...

info kesehatan yang menarik

kain batik mengatakan...

tanks infonya

batu kecubung mengatakan...

siip

batu ruby mengatakan...

mantab

Obat Radang Pita Suara mengatakan...

Obat Borok Di Kaki Anak
Obat Luka Lambung Ibu Hamil
Obat Pendarahan Di Paru Paru
Obat Pendarahan Di Lambung Akut
Obat Obat Pendarahan Di Lambung Ibu Hamil
Obat Pendarahan Di Lambung
Obat Hepatitis Pada Anak

Obat Penyakit Demam Chikungunya
Obat Menyembuhkan Pita Suara Rusak
Obat Radang Gendang Telinga
Obat Pendarahan Di Lambung Anak
Obat Gusi Bengkak
Obat Hernia Tulang Punggung

Posting Komentar

Pengikut