T R A N S L A T E

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Trik Membuat Template Blogger Hasil Editan Sendiri

Bookmark and Share
Setelah mempunyai blog pribadi di Blogger tentunya kita ingin membuat blog kita menjadi menarik jika dilihat, baik itu kita lihat secara pribadi, terlebih lagi orang lain yang berkunjung ke blog kita. Untuk menjadikan blog kita menarik di lihat tentunya merupakan idaman banyak orang. Ada kepuasan tersendiri jika melihat template bagus hasil editan sendiri. Selama ini tidak semua orang bisa merancang dan membuat template blog karena kurang mengerti dengan cara/programnya, termasuk juga saya sendiri yang masih belum mengerti. Pada akhirnya mendownload template gratis atau bayar jasa orang lain untuk mendesain templatenya. Postingan saya ini akan berbagi sedikit informasi tentang menrancang template pada blogger untuk di jadikan template blog kita, seperti blog saya sudah saya gunakan template dengan cara ini.
Saat ini Blogspot telah menyediakan fasilitas untuk para penggunanya agar bisa mengedit/membuat template blog dan tentunya menjadi suatu nilai tambah dan sangat membantu kita semua. Kita hanya perlu klik-klik sedikit, tidak perlu bersentuhan dengan kode-kode XML. Mari kita langsung saja melihat sama-sama caranya :
  1. Silahkan login ke blogger disini atau buka di alamat : http://draft.blogger.com/home
  2. Klik Menu/Tab Rancangan atau Tata Letak. Di bawah menu/tab Rancangan atau Tata Letak tersebut ada sebuah sub menu/sub tab baru yaitu Perancang Template seperti gambar di bawah ini :


    Klik saja menu tersebut seperti ditunjukkan tanda panah di atas dan melalui submenu/subtab tersebutlah kita merancang template blogger editan kita pribadi. Ketika kita mengklik submenu/subtab tersebut kita ditujukan ke halaman "Blogger Template Designer"
  3. . Dihalaman tersebut terdapat beberapa menu untuk mengedit/membuat template seperti : Template, Background, Layout dan Advanced
  4. Menu Template : untuk memilih jenis template yang disediakan oleh Blogspot/Blogger. Pilih salah satu saja, misalnya Jenis "Simple atau "Picture Window". Pada jenis "Simple atau "Picture Window" juga terdapat pilihan template lagi, silakan pilih saja salah satu baik itu di Jenis "Simple atau "Picture Window" atau jenis lainnya.


  5. Menu Background : pada menu ini kita bisa memilih warna template blog kita dengan menklik "Main Color Theme".


  6. Kita juga bisa memilih gambar yang ada/disediakan disini untuk dijadikan background template editan kita dengan mengklik "Background image". Blogspot menyediakan begitu banyak gambar di sini, kita tinggal pilih/klik-klik untuk melihat hasilnya yang ditunjukkan dibagian bawah tersebut.


  7. Menu Layout : di menu ini kita mendesain layout blog dari hasil kerja/editan sendiri. Dimenu ini juga terdapat 3 sub menu :
    • Body Layout : untuk mengatur jumlah kolom, jumlah sidebar dan penempatannya di template blog editan kita.


    • Footer Layout : fungsinya hampir sama dengan Body Layout, tetapi disini di khususkan mengatur jumlah kolom pada footer atau kaki halaman/template kita.


    • Adjust width : sub menu ini berguna untuk mengatur lebar template seperti lebar keseluruhan (entri blog, ataupun sidebar blog yang biasanya ada di kanan atau kiri halaman/template blog kita).

  8. Menu Advanced : menu ini berfungsi untuk kita agar bisa mengatur bentuk tulisan serta pewarnaan tulisan kita di template yang kita buat ini. Seperti jenis font (huruf) judul blog, warna (color), ukuran font serta banyak lagi fungsinya bisa kita langsung klik-klik saja dan lihat perubahan hasilnya di bawah halaman tersebut.


  9. Jika kita merasa sudah pas dengan editan/buatan template kita , dan siap untuk menggunakan template buatan kita tersebut maka langsung saja klik tombol APPLY TO BLOG yang ada di sudut kanan atas berwarna orange.


Seperti itulah kira-kira trik membuat template hasil editan kita sendiri pada blogger/blogspot. Ini sangat membantu bagi kita yang ingin cepat memiliki template editan pribadi dan lain lagi bagi yang menyukai bahasa pemprograman web tentunya lebih menyukai membuat seluruhnya template pribadi dan tidak menggunakan fitur/fasilitas ini. Semua kembali pada diri kita masing-masing dan pilihan kita pribadi. Saya hanya berbagi info yang juga saya dapatkan hasil browsing dan singgah ke blog sahabat. Terima kasih bagi yang berkunjung dan jika trik ini bermanfaat mohon berikan komentarnya. Sampai jumpa pada postingan trik berikutnya.....

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Pengikut