T R A N S L A T E

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Trik Mudah Mengatur Perataan Text Postingan Blogger

Bookmark and Share
Ketika kita membuat sebuah postingan atau artikel di blog kita, setelah dipublish/diterbitkan maka hasilnya ketika dilihat tidak rapi/rata di sisi kanannya dan hanya rapi/rata di sisi kirinya saja. Saat itu mungkin kita ingin merubahnya menjadi rata kiri dan rata kanan agar kelihatan lebih rapi kalau di lihat. Seperti pada Microsoft Word untuk mengedit tulisan sudah terdapat fasilitas untuk mengedit tulisan-tulisan kita (justify, center, right, left) dan setiap kali kita mengetik tulisan haruslah mensetting perataan textnya, begitu juga dengan fasilitas di blogger untuk posting ada juga fasilitas tersebut tetapi jika kita mengetik artikel/posting dari mode Composose/Tulis. Untuk diketahui dan harus diakui terkadang preview/pratinjau pada blogger posting editor tidak sama dengan hasil postingan kita jika di terbitkan nanti.
Serlain cara di atas ada cara lainnya yang lebih praktis, cepat, mudah dan kita tidak perlu mensetting ulang saat kita menulis artikel/posting baru lagi. Cara ini akan membuat keseragaman perataan text postingan blog kita dari awal hingga akhir semua postingan kita. Kita tidak perlu merubah/mensetting satu-satu lagi postingan kita. Cara ini akan membuat kita semakin cepat memposting karena kita tidak perlu mensetting ulang lagi. Jika ingin mencoba atau menerapkan cara ini, langkahnya adalah :
  1. Login ke blogger dengan account kita
  2. Pada Dashboard blog pilih Layout/Tata Letak kemudian pilih Edit HTML (sebelum kita mengedit HTML blog kita sebaiknya biasakan lakukan backup template blog kita dahulu agar jika terjadi kesalahan/error editan kita, blog kita masih bisa di selamatkan dengan mengembalikan/mengupload template yang kita backup tadi)
  3. Setelah selesai membackup template kita maka centang/ceklist kotak kecil di samping tulisan "Expand Template Widget" dan tunggu beberapa detik untuk prosesnya
  4. Setelah itu coba cari kode seperti di bawah ini pada template blognya :

    post {

    }

  5. Biasanya jika template blog standar dari blogger kode lengkapnya seperti ini :

    .post {
    margin:.5em 0 1.5em;
    border-bottom:1px dotted $bordercolor;
    padding-bottom:1.5em;
    }

  6. Maka untuk mengatur/membuat semua text postingan kita menjadi rata kiri-rata kanan, tambahkan kode di bawah ini sebelum tanda kurung kurawal (}) :

    text-align: justify;

  7. Sehingga setelah ditambah kodenya menjadi :

    .post {margin:.5em 0 1.5em;
    border-bottom:1px dotted $bordercolor;
    padding-bottom:1.5em;
    text-align: justify;
    }

  8. Kode yang miring adalah kode tambahannya untuk meratakan text postingan. Setelah kita tambahkan kode text-align: justify; sehingga menjadi seperti di atas, langsung di simpan saja dan lihat hasilnya apakah semua postingan kita sudah berubah menjadi rata kiri-rata kanan.
Jika tidak berubah, coba baca lagi uraian di atas dan pahami lagi. Mungkin ada yang salah dalam mengedit templatenya.
Untuk di perhatikan bahwa setiap template memiliki kode-kode HTML berbeda-beda, ini untuk template yang standar dari Blogger. Untuk template yang lain, bisa kita cari kode seperti .post jika ketemu baru digeser-geser ke bawah lagi cari kode yang sesuai uraian di atas. Yang penting sebelum tanda kurung kurawal (}) untuk meletakkan kode text-align: justify nya, template blog yang saya gunakan ini juga tidak sama letaknya/kode-kodenya tetapi jauh di bawah kode .post dan banyak kode-kode yang lain dahulu baru ada tanda kurung kurawal (}). Demikianlah trik untuk membuat text postingan agar menjadi rata kiri-rata kanan, saya sendiri juga menggunakannya trik ini untuk postingan saya, baru saya tuliskan di sini. Sampai ketemu di postingan selanjutnya tentang trik-trik yang lain. Terima kasih.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Pengikut