T R A N S L A T E

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Menurunkan Kolestrol dengan Berbagai Makanan Sehari-hari

Bookmark and Share
Kolestrol

Kolestrol yang berlebih sangat tidak baik bagi kesehatan kita, saat ini semakin banyak orang terserang kolestrol yang berlebih didalam tubuhnya. Hal ini disebabkan salah satunya dari jenis makanan yang mengandung lemak jenuh yang berkadar tinggi sehingga hati akan memproduksi kolestrol yang berlebih juga.

Kolestrol sendiri mempunyai arti zat berwarna putih seperti lilin yang dapat ditemukan disetiap sel tubuh karena merupakan salah satu komponen lemak ( selain asam lemak bebas, trigliserida dan fosfolipid ) yang di produksi oleh hati.

Pada dasarnya kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat hormon dan vitamin D, serta merupakan bagian asam empedu yang memecah lemak dalam sistem pencernaan. Kebutuhan kolesterol dalam tubuh sebenarnya sudah tercukupi pada lemak yang diproduksi oleh hati tapi jika kita sering memakan makanan yang berkadar lemak jenuh tinggi maka kolestrol dalam tubuh kita juga akan tinggi sehingga kelebihan kolestrol tersebut tidak baik bagi kesehatan kita.

Banyak orang dan bahkan kita sendiri yang mungkin mengalami kelebihan kolestrol dalam tubuh mencari-cari cara yang aman untuk menurunkan kadar kolestrol tersebut.

Kolestrol
Kolestrol
Kolestrol

Karena itu di tulisan kali ini saya mencoba memberikan informasi sedkit tentang Cara menurunkan kolestrol dalam tubuh kita. Caranya adalah dengan membatasi dan mengurangi asupan makanan yang mengandung kolestrol/lemak jenuh dan memperbanyak asupan makanan berserat.

Dibawah ini saya tuliskan tip anti kolestrol dari Dr. Gracia Winaktu, MS, SpGK dari RS Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta.

Berikut Makanan yang membantu mencegah kolestrol berlebih dalam tubuh kita :

  1. Perbanyak lah makan sayuran (brokoli, tomat, kembang kol, wortel dan sayuran hijau) Selain mengandung lutein, sayuran hijau juga mengandung serat tidak larut yang dapat menurunkan kolesterol anda
  2. Pilihlah buah-buahan (stroberi, apel, jeruk, belimbing, anggur dan alpukat) karena mengandung serat larut (mudah larut dalam air) dan mudah dicerna. Serat dalam usus halus membentuk gel yang mengikat lemak, kolesterol dan asam empedu. Akibatnya, asam empedu di dalam hati berkurang. Saat ingin memproduksi kembali, hati akan menarik kolesterol dari darah sehingga kolesterol darah menurun.
  3. Perbanyaklah makan ikan laut yang hidup di kedalaman lebih dari 400 meter seperti ikan tuna, tenggiri, bawal dan kembung. Ikan-ikan jenis tersebut banyak mengandung asam lemak tak jenuh omega-3, yang bisa menurunkan kolesterol. Namun perhatikan cara mengolahnya, karena kandungan omega-3 cepat hilang saat diolah pada suhu tinggi misalnya, digoreng. Cara yang tepat adalah di tim.
  4. Teh hijau, memiliki bahan aktif katekin yang mengurangi penyerapan kolesterol di usus.
  5. Bawang putih banyak mengandung allicin, berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal senyawa radikal bebas sehingga dapat melindungi kerusakan membran sel dan dinding pembuluh darah.
  6. Gandum utuh atau oatmeal adalah bahan makanan yang kaya serat larut dan dipercaya dapat menurunkan penyerapan kolesterol dalam pencernaan.
  7. Kacang-kacangan (buncis, kacang merah, kacang tanah, kacang hijau, dan kacang panjang) adalah sumber serat larut yang mampu mengurangi kadar kolesterol. Kacang kedelai, mengandung glisin dan argimin yang mengontrol kolesterol.
  8. Kenari dan almond. Berbagai studi menunjukkan, walnut dapat menurunkan kolesterol karena banyak mengandung asam lemak tak jenuh ganda sehingga membuat pembuluh darah tetap sehat dan elastis.

Demikianlah beberapa makanan yang dapat membntu menurunkan kolestrol dalam tubuh anda, agar kita bisa menjaga dan mengontrol kolestrol yang terkandung dalam tubuh kita.

Selama ini banyak orang beranggapan kolestrol berlebih hanya diderita bagi orang yang sudah tua atau orang yang gemuk, tapi kenyataan yang banyak dijumpai sekarang penyakit kolestrol yang berlebih tidak memandang usia dan kegemukan seseorang. Hal ini disebabkan oleh makanan yang tidak seimbang yang dikonsumsi oleh orang tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan kita semua senantiasa terhindar dari kolestrol yang berlebih tersebut.

Terima kasih

{ 10 komentar... Views All / Send Comment! }

Obat Kolesterol mengatakan...

kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam tubuh memang sangat tidak baik untuk kesehatan .

sablon cup mengatakan...

terima kasih artikelnya. sangat bermanfaat.

bisnis online mantap www.kiostiket.com

dress batik mengatakan...

terima kasih infonya

batik wanita mengatakan...

info yang menarik

batik pria mengatakan...

terimakasih pak admin semoga jadi bermanfaat

batik pekalongan mengatakan...

mantab infonya gan

batik solo mengatakan...

info kesehatan yang bagus

kain batik mengatakan...

tanks informasinya

batu kecubung mengatakan...

like

batu ruby mengatakan...

bagus

Posting Komentar

Pengikut