T R A N S L A T E

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Freeport Produksi Uranium Secara Diam-diam

Bookmark and Share
Jayapura (ANTARA) - Freeport diduga menggali bahan baku uranium secara diam-diam sejak delapan bulan silam, kata Yan Permenas Mandenas S.Sos Ketua Fraksi Pikiran Rakyat Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Papua kepada ANTARA di Jayapura, Selasa, di ruang kerjanya.

"Kegiatan ini dilakukan secara tersembunyi dan telah berlangsung cukup lama," ungkapnya yang juga anggota Komisi C DPRDP.

Ia menambahkan, Freeport telah mencuri hasil kekayaan masyarakat Papua dan membohongi pemerintah dengan hasil tambang yang disalurkan lewat jaringan pipa-pipa bawah tanah.

"Selain emas, uranium juga diproduksi oleh Freeport," tambahnya.

Informasi ini menurutnya, didapatkan dari sejumlah masyarakat dan karyawan Freeport di Timika.

"Selain karyawan dan masyarakat, saya juga mendapat laporan dari sumber yang dapat dipercaya," tandasnya.

Hal ini sangat disayangkan mengingat pajak yang didapatkan dari perusahaan emas terbesar didunia ini, hanya berjumlah Rp30 milyar pada tahun lalu.

Mandenas juga mengeluhkan, bahwa dewan belum bisa bergerak karena terkendala masalah klasik, yaitu belum ada alokasi dana untuk turun ke lapangan.

"Kami belum bisa ke lapangan karena terkendala dana," katanya


Sumber : http://id.news.yahoo.com/antr/20100713/tpl-freeport-produksi-uranium-secara-dia-cc08abe.html

Kalau memang benar dan terbukti Freeport memproduksi atau istilahnya kasarnya mencuri Uranium secara diam-diam di daerah Papua, ini sangat di sayangkan dan sangat merugikan segali bagi Negara Indonesia khusunya Papua. Pemerintah dalam hal ini pihak terkait dan berwenang sebaiknya segera melakukan pengecekan informasi ini. Jika hasil pengecekan nanti terbukti kebenarannya dan melanggara aturan, maka menurut saya Pemerintah harus mengambil tindakan tegas terhadap Management Freeport. Jangan hanya karena kendala dana maka informasinya dibiarkan begitu saja tanpa di tindaklanjuti. Sebisanya pihak berwenang di Papua mungkin terlebih dahulu yang melakukan pengecekan kebenarannya di lokasi di temukannya Produksi Uranium ini dan sambil berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat untuk langkah-langkah selanjutnya. Jika benar info ini dan sangat di sayangkan sekali jika hanya masalah dana informasi ini sampai lama di tindak lanjuti.
Semoga saja Perintah Provinsi dan pihak berwenang segera menindaklanjuti informasi ini dan jangan sampai negara kita selalu di rugikan oleh Negara lain. Padahal mereka mengambil kekayaan Negeri kita.

{ 9 komentar... Views All / Send Comment! }

tomo mengatakan...

bahaya nih gan..
uranium harus ada ijinnya seharusnya

Ummiega mengatakan...

Masih sedikit yang tahu tentang hal ini.

tomo mengatakan...

Bahayaaa...jka diam-diam gan

Bisnis Online Internet mengatakan...

@mas tomo : memang sangat berbahaya dan sangat merugikan bagi bangsa kita, tetapi kita sbgai masyarakat sipil tentunya tidk punya wewenang untuk mengambil tindakan apa-apa....
@Ummiega : mudah-mudahan dengan pemberitaan di dunia maya seperti ini semkin banyak orang yang ahu dan pihak berwenang baik di daerah tersebut ataupun pusat dapat seger menindaklanjuti info ini agar tidak semkin banyak mergikan negara kita

@all : thanks for your comment....

arie... mengatakan...

thx info.a bro

Mas Win mengatakan...

wah, ini yang perlu ditindaklanjuti....

Hill mengatakan...

Waduhh...bahaya donk ya

Kunjungan perdana jg ke blog yg keren ini :), dengan senang hati bs bertukar link dgn blog ini

M. Teguh G. mengatakan...

mudah2an indonesia cepet bisa bikin pabrik sendiri.. usir aja yg luar2 >< Pis deh XD

Postingan keren 4 thumbs on!!

http://morethangrey.blogspot.com/2010/07/manfaat-dan-tips-berinternet-sehat-dan.html

NURA mengatakan...

salam sobat
kunjungan balik
trims telah visit ke S.A
saya ikutan follower.

Posting Komentar

Pengikut